Keluh Kesah Korban Kebocoran Gas Beracun JOB-PPEJ

0
242

Bojonegoro,Sidik.co.id – Kejadian bocornya gas beracun dari aktivitas perawatan salah satu sumur di lapangan Pad A Sukowati Joint operating body Pertamina Petrochina East Java sudah seringkali terjadi. Salah satu korban warga RT 11 RW 2 desa Sambiroto Kecamatan kapas Kabupaten Bojonegoro mengungkapkan keluh kesahnya setiap kali terjadi keracunan warga.

Kasiyati warga RT 11 RW 02 desa Sambiroto Kecamatan kapas itu mengaku langsung mengungsi ke RT 9 ketika para warga di RT 11 mencium bau tidak sedap diduga gas beracun dari Joint operating body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ). Dia bersama anaknya, dan warga lain segera mengungsi untuk menghindari bau menyengat yang tercium sekitar pukul 05.30 wib.

Dia bercerita saat mencium bau tidak sedap merasa pusing, mual dan ingin muntah. ” Ya mual mau muntah rasanya tadi kita langsung ngungsi di RT 9,” Kata Kasiyati.

Dia sempat bingung dengan kejadian itu para orang tua di RT 11 banyak yang merasa mual dan ingin muntah. Sementara menurutnya anak – anak dinilai lebih bisa bertahan. ” Orang tua yang banyak gak kuat,” Imbuhnya.

Setelah kejadian itu dia dan warga lain tidak langsung menuju Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Hanya satu warga bernama Supiatun, (52) RT 11 RW 02, yang akhirnya dirujuk ke rumah sakit Ibnu Sina.

Para warga menunggu pertolongan dari petugas kesehatan yang mendatangi rumah – rumah warga. Selanjutnya semua warga yang merasa pusing dan mual diperiksa kondisinya oleh para petugas.

Kasiyati mengeluhkan beberapa kali warga Sambiroto mengalami keracunan gas dari aktivitas perusahaan JOB PPEJ. Namun selama ini warga sangat jarang mendapatkan kompensasi dampak lingkungan.

” Dulu pernah waktu ramai – ramainya dibantu DPRD baru kita mendapatkan sembako, sekarang tidak pernah,” Lanjutnya.

Dia menilai JOB PPEJ Perusahaan yang kurang peduli terhadap masyarakat sekitar. Saat ini warga merasa was-was jika kejadian yang sama terulang, terlebih ketika kejadian pagi tadi pukul 05.30 wib. Adanya aktivitas perawatan sumur, warga tidak diberitahukan sebelumnya.

Para anak-anak di RT 11 RW 2 desa Sambiroto Kecamatan kapas saat ini juga terlihat memakai masker untuk mengantisipasi adanya bau gas dari Job PPEJ yang bisa meracuni warga sekitar.

Kasiyati ternyata belum tercatat dalam daftar 28 korban keracunan gas dari JOB PPEJ. Kades Sujono ketika dikonfirmasi awakedia mengenai hal itu mengatakan, akan segera menambhakan data korban warga keracunan.”  Iya nanti ditambah itu kalau belum masuk,” Ujarnya.

Jika ditambahkan saat ini warga desa Sambiroto korban keracunan gas job PPEJ menjadi 29 orang.( Adi/Red)2015 линкбилдингэффективнаятоттенхэмавтоматический подбор слов ключевых яндекс директ клининг