SPR Mega Jaya Tanda Tangani Kontrak Kerja Sama Dengan IKASMADA Kediri

0
229

Bojonegoro,Sidik.co.id – Patut dicontoh apa yang dilakukan oleh Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Mega Jaya Dusun Ngantru Desa Sekaran Kecamatan Kasiman.SPR ini menandatangani kontrak kerjasama dengan Ikalan Alumni SMA 2 Kabupaten Kediri Angkatan tahun 1980 selaku mitra pengembangan peternakan yakni pengemukan 25 pedet  ( 19/9/17)

Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Iwan K dari IKASMADA Angkatan 1980 Kediri dengan Darminto Ketua SPR Mega Jaya. juga diserahkan polis asuransi usaha ternak sapi ( AUTS) Asuransi Jasindo kepada Kelompok Ternak Mega Jaya.

yang disaksikan oleh segenap elemen mulai dari LPPM IPB, IACBP, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro dan seluruh peternak yang tergabung dalam SPR Mega Jaya serta konsultan dari asutralia dan diaspora Australia. 

Perwakilan dari IKASMADA Angkatan 80 Kabupaten Kediri dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan Alumni SMA 2 Kabupaten Kediri angkatan 80 ini adalah bukan sebagai investor akan tetapi mereka hadir untuk menjadi mitra dalam pengembangan peternakan di Kabupaten Bojonegoro utamanya SPR mega Jaya . 

Ditegaskan bahwa dia bukan sebagai pemilik modal yang nanti akan memerintah semaunya kepada SPR ini namun mereka adalah saudara yang akan bekerja bersama membantu meningkatkan pendapatan peternak. 

Fokus utama alumni ini adalah membantu peternak yang berada di ekonomi menengah kebawah. Agar mereka semakin berdaya dengan adanya kerjasama ini. Disampaikan bahwa kerjasama ini nantinya berupa permodalan sebesar 105 juta rupiah untuk 25 pedet atau anak sapi. Yakni dengan rincian 4 pedet Peranakan Ongole (PO) dan 21 Pedet Brahman Cross (BX) yang dari indukan australia.

Sebelumnya, Profesor Doktor Insinyur Mulatno menjelaskan bahwa sapi yang dikelola SPR ini adalah sapi dari Australia sejumlah 102 ekor sapi yang terdiri dari 99 ekor sapi betina dan 3 ekor sapi pejantan dari jumlah sebelumnya yang mencapai 103 ekor. Kini sudah beranak atau menghasilkan pedet sejumlah 75 ekor pedet. 

Kehadiran IACBP dan IPB ini adalah untuk membantu peternak di Indonesia khususnya adalah Bojonegoro, mereka akan memperbaiki banyak aspek untuk peningkatan kualitas ternak.

Mulatno mengharapkan agar apa yang sudah dikerjasamakan ini agar dapat dijaga sebagai amanah bersama. Apalagi saat ini australia mengirim salah satu konsultannya yakni dokter Ross untuk melakukan kajian dan pemantauan terhadap ternak yang dikirim ke Bojonegoro ini.

 SPR ini adalah salah satu penggerak sektor peternakan berbasis kerakyatan yang diharapkan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan sektor peternakan. Pihak-pihak lain bisa bekerjasama untuk menguatkan sektor ini dengan catatan mereka harus membuat kelembagaan sehinga lebih tersistematis. Secara umum pengetahuan peternak sudah lebih baik hanya saja mereka harus mendapatkan tambahan tata kelola manajemen dan tata kelola keuangan ketika sudah bermitra dengan pihak pihak luar.

Sementara itu, Wiwik S dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro menjelaskan bahwa pendampingan oleh pihaknya di SPR Mega Jaya ini sampai akhir tahun 2017 ini. Kedepan Dinasnya atau tepatnya di tahun 2018 akan membangun tiga SPR lagi di wilayah Bojonegoro. 

ia menuturkan bahwa saat ini SPR sudah mulai mendapatkan perhatian . Seperti hari ini pihak dari Kabupaten Kediri tertarik untuk bekerjasama mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Bojonegoro. 

Kepada mitra , Wiwik mengharapkan agar terjadi kerjasama yang saling menguntungkan dan membawa dampak positif bagi perkembangan SPR mega Jaya ini. Sementara kepada para Peternak Wiwik mengungkapkan bahwa lambat laun pihaknya akan melepas pendampingan hal ini sebagai upaya untuk melatih kemandirian sekaligus memeratakan perkembangan SPR diwilayah lain. 

Dengan melepas bukan berarti hilang seluruh akses dan komunikasi namun tetap akan berkomunikasi layaknya anak dan orang tua. Kemandirian SPR Mega Jaya akan semakin kukuh ketika sudah tidak ada campur tangan pemerintah, namun mereka tetap bekerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan SPR ini.( Ex/Red)
 payperprofits отзывы о компаниитурфирмы рекламасайтовсистема