Sidik.co.id, Lamsel– Ribuan hektar sawah serta pemukiman warga di dua desa di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, terendam banjir.

Air meluap dan menggenang setelah Lampung Selatan dan sekitarnya dilanda hujan deras disertai angin kencang sejak Selasa (27/2/2024) malam hingga Rabu (28/2/2024) pagi.

Akibatnya, tanggul Sungai di persawahan Desa Way Sidomukti Kecamatan Ketapang jebol dan merendam seluruh persawahan warga hingga meluap ke pemukiman warga terutama di RT 09.

Kepala Desa Way Sidomukti Paryono, menuturkan, desanya dilanda musibah banjir dampak hujan deras semalaman sehingga tanggul jebol dan merendam ratusan hektar sawah warga yang baru di tanam. Bahkan akibat jebolnya tanggul sungai, airnya meluap dan menggenang rumah warga hingga setinggi 1 meter, ” ungkapnya melalui rekaman video yang dikirim ke media sidik.co.id, Lamsel, Rabu (28/2).

Dirinya meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui dinas terkait untuk segera mengatasi tanggul yang jebol. Karena dikhawatirkan hujan terus menerus akan menenggelamkan pemukiman warga.

“Mohon kepada dinas terkait, khususnya Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan untuk segera mengatasi tanggul yang jebol demikian informasi untuk segera ditindaklanjuti, ” Lapor nya melalui rekaman video.

“Semalam hujan deras sampai pagi. Air mulai masuk rumah sejak malam setelah tanggul jebol,” lanjut Kades Paryono. Kades Paryono Desa berharap agar tanggul segera tertangani. Ia dan warga lainnya, khawatir jika hujan kembali turun, air datang lebih banyak lagi.

“Cuacanya masih begini mendung dan masih sering hujan. Harapannya air segera surut dan tanggul bisa diperbaiki,” harap Kades Paryono yang akrab disapa Gopar.

Selain Desa Way Sidomukti, desa lainnya yang juga mengalami musibah banjir di Kecamatan Ketapang, yakni Desa Pematang Pasir ada sekitar 70 KK terdampak banjir di wilayah RT 07 RW 01. Kemudian Desa Sidoasih merendam pemukiman warga Dusun 01 dan sekolah SMP/SMA Rodhotul Ulum.

Sedangkan di Desa Sumber Nadi dampak dari hujan semalam mengakibatkan jembatan jalan kabupaten di desa sumber nadi, jebol akibat diterjang banjir bandang yang berlokasi di RT 08 Desa Sumber Nadi Kecamatan Ketapang.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Desa Sumber Nadi melalui kiriman video WhatsApp miliknya kepada media Lintaspena.com, Lamsel, Rabu (28/2).

“Pagi Bang! Akibat hujan semalaman, jembatan jalan kabupaten di Desa Sumber Nadi yang berlokasi di RT 08 Kecamatan Ketapang, jembatannya jebol, ” ucapnya.

Mendapat laporan darurat banjir, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Forkopimda Kecamatan Ketapang dan UPTD langsung meninjau dan memberikan bantuan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *