telah memberikan kemudahan bagi pembaca dalam memperoleh informasi, namun demikian      keberadaan profesionalisme dari para jurnalis dalam mencari memperoleh informasi dari nara sumber diperlukan hubungan kemitraan  agar informasi nantinya diterbitkan di media online dengan senantiasa mengedepankan hubungan komunikasi dari antara jurnalis dengan nara sumber, perkembangan keterbukaan informasi publik  merupakan suatu hal yang dibutuhkan masyarakat.

perkembangan teknologi digital berdampak pada perubahan praktik jurnalistik yang mengharuskan media mengubah cara kerja, produksi konten, model bisnis dan struktur organisasi media. “Perubahan gaya transaksional media ke arah interaksi membuat media terus mengoptimalkan terlibatnya pembaca,” katanya.

Ia mengambil sebuah perumpamaan, era digital adalah era dimana setiap individu tidak lagi bertumpu pada ruang konvensional. Aktivitas kehidupan banyak bertransformasi dari ruang-ruang konvensional ke ruang-ruang digital. Aktivitas yang berhubungan dengan dunia keuangan dan pembayaran kini dipindahkan ke ruang digital,

Model baru pendekatan transpormasi melalui platform digital. Kondisi transportasi nasional berubah dengan adanya digitalisasi. Demikian pula perdagangan dan industri, Termasuk industri media. Pemicunya karena perkembangan teknologi internet yang memungkinkan hubungan antara orang secara massif dengan biaya yang murah.

“Ada suatu perilaku mayarakat yang memanfaatkan ruang digital secara besar-besaran. Bahkan secara kecenderungan, ruang digital ini makin mendominasi, lebih banyak orang menggunakan ruang digital daripada konvensional dalam berbagai sektor kehidupan,” paparnya.

media merupakan sektor yang terdampak adanya perubahan ke ruang digital itu. Teknologi berkembang begitu pesat yang didukung infrastruktur dan konektivitas, memudahkan koneksi masyarakat. Terutama bagi generasi muda yang ternyata memang jauh lebih merasa terbantu dan nyaman di era digital ini.

Bagi media massa, telah terjadi perubahan yang sangat signifikan, karena adanya penembusan batas-batas sebagai dampak dari transformasi digital. “Media menjadi sektor yang paling terimbas dari era digital, paling parah dampaknya akibat transformasi digital,” katanya.

Ketika internet menjadi massif dan mudah dikoneksi oleh masyarakat dengan kualitas baik dan harga yang murah, maka industri media itu sudah mengalami perubahan. Semua orang bisa menjadi reporter, jadi wartawan, semua orang bisa menjadi pemilik media.

Guna menghadapi tantangan ini, insan pers atau media harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kondisinya. Sekarang atau ke depan akan seperti apa. Insan media harus berada pada posisi terdepan untuk memahami kondisi perubahan.

Setelah memetakan kondisi, media harus mengambil posisi untuk melakukan review dan peningkatan kompetensi. Tidak ada jalan lain, karena tanpa memiliki kompetensi dan pemahaman yang kuat, maka akan menjadi follower dan tertinggal. “Baru setelah itu, media harus dapat mengemas produknya secara

Tapi amat kita sayangi masih banyak pengayom masyarakat  yang masih kurang memahami dunia jurnalistik dikarenakan susah ny mendaptkan informasi dari beberapa intansi terkait kegiatan kegiatan yang dilakukan nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *