Untuk dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, diperlukan kondisi badan yang sehat. Maka, diperlukan persiapan yang matang diantaranya persiapan fisik yang sehat.

Untuk mengetahui kesiapan / kelaikan seseorang dalam melaksanakan ibadah haji perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan yang disebut istithaah kesehatan. Istithaah kesehatan jamaah haji memiliki makna kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jamaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah haji dan untuk menentukan kelaikan calon jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga calon jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi dari Tanah Suci. Semoga menjadi haji mabrur.

pemeriksaan kesehatan jemaah haji bertujuan untuk mengidentifikasi faktor risiko kesehatan jemaah haji yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan saat jemaah haji beribadah di tanah suci.

Dengan diketahuinya faktor risiko kesehatan tersebut maka upaya pengendalian dapat dilakukan sejak di tanah air hingga masa operasional ibadah haji di tanah suci.

pada kamis 07 Maret 2024 calon jamaah haji di UPT Puskesmas Teluk Lecah Menjalankan Pemeriksaan kesehatan , Kebugaran Jasmani serta pelaksaan vaksinasi meningitis pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga kesehatan dokter perawat dan tenaga kesehatan lain nya

adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah
1. Tekanan darah
2. ⁠tinggi badan
3. ⁠berat badan
Medical check up
1. Rontgen
2. ⁠cek laboratorium
Kebugaran jasmani
1. Tes berjalan +_ 200meter
2. ⁠senam
Vaksinasi
1. Vaksin meningitis
2. ⁠vaksin covid bagi yg blm lengkap

Pengecekan di lakukan di Upt puskesmas teluk lecah kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *