Tanjung Medang,Sidik.co.id – Bupati Bengkalis, Kasmarni, melakukan safari Ramadhan perdana di Masjid As-Salam Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, pada Senin, 18 Maret 2024.

Turut hadir dalam rangkaian safari Ramadhan 1445 hijriyah ini Wakil Bupati, Dr. H. Bagus Santoso, dan Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro.

Dihadapan masyarakat Rupat Utara, Bupati Kasmarni mengajak segenap umat Islam untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kemudian disampaikan juga bahwa selama tiga tahun kepemimpinan Kasmarni dan Bagus Santoso, berbagai program telah dijalankan, bahkan beberapa prestasi telah diraih.

Khusus untuk Rupat Utara, melalui APBD 2024, telah dialokasikan program strategis seperti peningkatan jalan poros Desa Titi Akar – Desa Hutan Ayu sebesar Rp4 miliar dan penyediaan sarana perumahan sebesar Rp2,7 miliar.

Selanjutnya, pembangunan dermaga Titi Akar dan pembangunan dermaga apung pelabuhan Tanjung Medang masing-masing sebesar Rp2 miliar, serta pembangunan turap beton Jalan Abdul Aziz Tanjung Medang sebesar Rp300 juta.

Bupati juga mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena selain membahayakan orang lain juga membahayakan diri sendiri karena karhutla merupakan perbuatan melanggar hukum.

Pesan agar tidak membakar lahan dengan cara dibakar juga disampaikan oleh Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro.

Kapolres Bengkalis juga menyoroti masalah peredaran narkoba yang semakin mengkhawatirkan. Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu pintu masuknya barang haram tersebut.

Menurut Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, setiap tahun bukan puluhan kilogram tapi sudah ratusan kilogram narkoba yang berhasil ditangkap jajaran Polres Bengkalis. Barang perusak generasi muda ini masuk dari pesisir pantai, tidak hanya dari pesisir Bengkalis tapi juga dari pesisir pantai Pulau Rupat.

Sementara itu, selaku tuan rumah, Camat Rupat Utara, Aulia Fikri, dalam sambutannya melaporkan bahwa pelaksanaan Pemilu di wilayah yang berbatasan dengan Selat Malaka berjalan sukses, tentram, aman, dan damai.

Kemudian terkait kemiskinan ekstrim, sedikitnya 41 kepala keluarga secara gotong royong dibantu baik oleh Pemerintah Kecamatan maupun desa setempat. Begitu juga dengan masalah stunting dan gizi buruk, Rupat Utara masih tinggi.

Mantan Sekretaris Camat Siak Kecil ini juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas pembangunan yang terus berlangsung di Rupat Utara.

Aulia Fikri berharap pembangunan terus berlanjut dan di tahun 2025, beliau berharap terwujudnya renovasi masjid kecamatan dan pembangunan tempat pembuangan akhir sampah.

Kegiatan menjelang berbuka puasa ini turut disertai dengan sejumlah bantuan seperti bantuan CSR Bank Riau Kepri Syariah untuk rumah ibadah, bantuan anak yatim dan kaum dhuafa, bantuan paket makanan, penyerahan sembako paket murah, serta bantuan TV LED jadwal sholat.

Kemudian bantuan Al Qur’an dan Surat Yasin untuk pondok dan grup wirid pengajian.

Acara yang dihadiri seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Bengkalis ini dilanjutkan dengan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ustadz H. Muhammad Sarman Mirja dan Ustadz Azwarsyah.

Setelah berbuka puasa, dilanjutkan dengan Shalat Magrib dan makan bersama, kemudian diakhiri dengan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah. (Editor: Asmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *