Bengkalis,Sidik.co.id Memasuki malam 18 Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengelar peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H di Masjid Agung Istiqomah, Kamis (28/03/2024), menghadirkan penceramah dari Pekanbaru Dr. Yuri Irwan.

Kegiatan peringatan Nuzulul Quran tersebut dihadiri Wakil Bupati Bengkalis Dr.H.Bagus Santoso juga dihadiri Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, Wakapolres Bengkalis Kompol Faris Nur Sanjaya, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Danposal POS Bengkalis, diwakili Pelda Mar Reza Helvetio.

Kemudian Pimpinan Pondok Pesantren Madani Ustadz Sehendri, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan sejumlah Para Kepala OPD.

Selain itu terlihat juga Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Ketua Baznas Bengkalis Ismail, Kepala BSI Cabang Bengkalis, Ilham Khalid, Imam Masjid Agung Istiqomah Ust. Ghufronudin, serta para jamaah masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Acara berlangsung khidmat diawali Sholat Isya dan terawih berjamaah, kemudian dilanjutkan  dengan Pembukaan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Santri Pondok Madani Sungai Alam dilanjutkan sambutan Wabup Bagus Santoso dan siraman rohani.

Peringatan Nuzulul Qur’an bertemakan “Meraih Rahmat Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera”.

Dalam Arahannya Wakil Bupati Bengkalis Dr.H.Bagus Santoso mengucapkan syukur malam ini kita dapat melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an, yakni malam dimana Al-Qur’an diturunkan oleh Allah melalui Malaikat Jibril kepada nabi kita Muhammad SAW, sebagai petunjuk bagi manusia.

“Karena tidak ada lagi petunjuk kehidupan yang lebih sempurna selain daripada Al-Qur’an. Untuk itu, melalui momentum peringatan Nuzulul Qur’an malam ini, mari kita kuatkan komitmen dan terus istiqomah, untuk terus membaca, merenungi dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Karena banyak ketentuan dalam Qur’an yang mengatur diri kita, mengatur bagaimana kita harus bertindak dan mengatur bagaimana kita harus berkehidupan,” Jelas Bagus.

“Melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, kita bisa mengambil banyak hikmah dan pelajaran, agar kita bisa mensinergikan semua unsur yang ada di daerah ini, baik itu umaro, ulama dan juga masyarakat, sehingga semuanya dapat memposisikan diri, serta dapat membawa kebaikan, yang akan bermuara pada terwujudnya negeri yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur, Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” harap Bagus.

“Alhamdulillah, melalui salah satu program unggulan daerah kita yakni program beasiswa pendidikan khusus dan berprestasi, sejak tahun 2022 yang lalu, kami telah memberikan beasiswa khusus Tahfidz Qur’an kepada 90 anak watan Kabupaten Bengkalis, 59 orang diantaranya mendapatkan beasiswa pendidikan di dalam negeri dan 31 lainnya melanjutkan pendidikan diluar negeri,” ujar Bagus.

Semua itu lanjut Bagus merupakan wujud keinginan kita bersama, agar kita bisa mencetak generasi Qur’ani yang berilmu dan berkarakter di daerah ini, kita persiapkan mereka agar kelak bisa menjadi pemimpin masa depan penjaga kemurnian Al-Qur’an dan generasi yang senantiasa menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam semua sisi kehidupannya. Karena, generasi Qur’ani merupakan pondasi penting yang harus kita bangun dengan kokoh dan kuat, agar kedepannya, mereka tetap tegak berdiri ketika diterpa berbagai badai serta pengaruh negatif dari yang namanya modernisasi.

“Kepada masyarakat dan jama’ah, mari bersama kita merapatkan barisan dan meningkatkan peran aktif kita untuk terus berpartisipasi dalam membangun negeri ini. Mari kita perkokoh rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan serta tekad dan kerja keras kita untuk bersama-sama meningkatkan proses maupun kualitas pembangunan yang telah berjalan selama ini. Karena pemerintah dan masyarakat harus saling membahu, berada dalam satu harapan, satu tekad dan satu cita-cita guna meraih kemajuan,” ajak Bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *