Sidik. Co. Id.selasa 27 Agustus 2024.Menjelang pendaftaran bakal calon (Bacalon) Wali Kota Dumai pada Pilkada Serentak 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, dinamika politik semakin terasa. Salah satu faktor yang memperkuat dinamika tersebut adalah terbitnya Surat Keputusan B1-KWK untuk Bapak Ferdiansyah, SE, Ketua DPD Partai Golkar Kota Dumai, yang diusung untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024 di Kota Dumai. Sebelumnya, Ferdiansyah juga telah mendapatkan dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan Kota Dumai.
Dalam perkembangan terbaru Pilkada Serentak 2024 di Kota Dumai, diperkirakan akan ada tiga pasangan Bacalon Wali Kota Dumai. Pasangan pertama adalah Edi A Mohd Yatim, S.Sos, M.Si, yang didukung oleh koalisi Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasangan kedua adalah H. Paisal, SKM, MARS, yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, PKS, PKB, Perindo, dan Gerindra. Sementara itu, Partai Hanura masih belum menunjukkan arah dukungannya.
Jika dianalisis dari perspektif peluang, ketiga pasangan Bacalon Wali Kota Dumai ini memiliki keunggulan masing-masing. Petahana memiliki keunggulan dari segi popularitas di masyarakat, karena masih menjabat sebagai Wali Kota Dumai saat ini. Selain itu, petahanan juga merupakan Ketua Partai Nasdem Kota Dumai, yang berhasil meningkatkan jumlah kursi di DPRD Kota Dumai pada pemilu sebelumnya.
Di sisi lain, Ferdiansyah, SE, sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Dumai, juga memiliki prestasi yang signifikan. Selama kepemimpinannya, Partai Golkar Dumai berhasil meningkatkan jumlah kursi di DPRD Kota Dumai pada pemilu legislatif tahun 2024, dan Ferdiansyah sendiri terpilih sebagai anggota DPRD Kota Dumai.
Pasangan Bacalon ketiga, Edi A Mohd Yatim, S.Sos, M.Si, merupakan politisi dari Partai Demokrat yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Riau. Pengalaman politik yang dimiliki Edi A Mohd Yatim, S.Sos, M.Si, tentunya menjadi modal penting dalam kontestasi ini.
Salah satu aspek strategis yang sangat menentukan kemenangan dalam Pilkada Serentak 2024 adalah efektivitas kerja mesin partai koalisi serta tim relawan yang telah dibentuk oleh masing-masing pasangan calon.
Mengingat waktu pendaftaran Bacalon ke KPU Kota Dumai yang akan berlangsung pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024, kemungkinan adanya perubahan pasangan Bacalon sangat kecil. Persiapan berkas administratif yang harus diserahkan pada saat pendaftaran menjadi salah satu faktor penting dalam proses ini.
Kemungkinan besar, ketiga pasangan Bacalon Wali Kota Dumai ini akan menjadi pilihan masyarakat yang memiliki hak suara untuk menentukan arah kepemimpinan Kota Dumai di masa depan.
Di era teknologi informasi saat ini, referensi mengenai pasangan calon perlu menjadi perhatian utama bagi tim sukses dalam menyosialisasikan visi, misi, dan program kerja mereka. Pemilih dari generasi Z, yang merupakan pemilih potensial, perlu mendapatkan informasi yang memadai tentang pasangan Bacalon agar dapat membuat keputusan yang tepat.
Teringat salah satu iklan dari produk sepeda motor ditayangan Televisi dengan ending iklanya ” yang lain lewat” sebagai suatu pesan tentang keunggulan sepeda motor dalam berpacu, memang promosi menjadi media untuk memperkenalkan suatu produk dengan harapan menarik dan menjadi pilihan masyarakat pada saat membeli suatu produk.
Kalau dianalogikan dalam konstelasi suasana menjelang Pilkada Serentak tahun 2024, banyak cara pula cara yang dilakulan untuk memperkenalkan diri atau istilah lain melalui sosialisasi dengan memanfaatkan media teknologi informasi yang disajikan semenarik mungkin agar diingat pesan dan informasi yang disampaikan.
Dalam literatur manajemen Pemasaran memang promosi bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk baik produk berupa barang ataupun produk berupa jasa, yang jelas kedua bentuk produk tersebut berbeda, kalau produk berupa barang dapat dimiliki pada saat membelinya, sementara produk jasa hanya dapat dinikmati dan tidak dapat dimiliki.
Dalam perspektif memperkenalkan seseorang kepada pihak lain dengan kegiatan sosialisasi pada hakekatnya juga merupakan kegiatan berpromosi, hal ini cenderung dilalukan oleh teamsukses dari pihak yang diperkenalkan tersebut, sementara itu dari sisi pemasaran tugas tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab dari manajer Pemasaran, yang barometer kesuksesannya bilamana produk yang dipasarkan laris manis dipasaran nantinya.sementara itu dalam konteks team sukses sasarannya juga sama bagaimana nanti pihak yang disosialisasikan menjadi pilihan masyarakat dan unggul dalam suatu kompetisi.
Dalam berpromosi kesatuan pesan dan informasi dalam waktu yang berbeda serta segmen yang berbeda menjadi penting untuk diperhatikan, hal ini terkait dengan konsep prinsip komunikasi yang efektif dan strategi komunikasi yang dilakukan pihak pemberi pesan.
Semoga melalui promosi dengan ending yang lain lewat mengandung arti terdepan dalam suatu kompetisi.