Sidik. Co. Id. Rabu 11 September 2024.Dalam literatur manajemen pemasaran terdapat empat variabel utama keberhasilan pemasaran,meliputi ; Produk,harga,promosi dan distribusi untuk produk berupa barang,sementara untuk produk dalam bentuk jasa terdapat tujuh variabel pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan tampilan fisik. Namun semua variabel pemasaran baik berupa barang maupun jasa tersebut saling berkaitan satu sama lainnya, dalam arti semuanya sama penting dan menentukan bagi kesuksesan kegiatan pemasaran.
Dalam konteks pemasaran untuk memperkenalkan produk khususnya pada aspek promosi diperlukan tokoh yang terkenal dan populer sebagai ambasador produk tersebut dengan tujuan agar produk menarik dan diminati konsumen nantinya,dengan harapan produk laris manis dipasaran. Pertanyaannya apakah hal tersebut telah cukup? Suatu produk yang akan ditawarkan kepada konsumen perlu memperhatikan kemasan produk itu sendiri mulai dari packing,lebeling,merk dan juga service. Perhatian terhadap hal ini menjadi titik pehatian dalam manajemen pemasaran.Yang tidak kalah penting adalah ketika menciptakan produk maka kita harus memproduksi produk yang sesuai dengan permintaan (demand) dari pasar. Karena itulah kita perlu melakukan riset produk untuk menemukan apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa kita tawarkan.
Dalam manajemen pemasaran tata kelola yang terorganisir dan jelas dari semua pihak yang terlibat didalamnya, baik dalam segi peran,fungsi dan tanggung jawab yang jelas dan terukur, yang jelas pencapaian target menjadi kunci kesuksesan dalam memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat atau disebut konsumen.
Bila dikaitkan dengan keberadaan timses pengelolaan manajemen tim ses penting dalam kaitannya dengan fungsi manajemen,mulai dari perencanaan,pengorganisasian,penggerakan dan pengawasan, untuk itu pemimpin atau ketua timses hendaknya memiliki kemampuan dan kapasitas dalam pengelolaan organisasi dan manajemen.
Kesatuan bahasa dan cara memperkenalkan kandidat yang akan berkompetisi perlu disepakati terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pemasaran, terkait hal tersebut pemetaan perlu mendapat perhatian terkait segmentasi,target dan positioning, hal ini akan dapat menjadi panduan dalam pelaksanaan, pada tahap ini tentu berkaitan siapa,bagaimana,untuk apa.
Pasar ini tentu akan terlalu luas jika harus jadi sasaran tembak dari produk yang dimiliki, sehingga harus digolongkan mengikuti beberapa karakter atau kecenderungan sehingga lebih mudah dipenuhi ekspektasinya.
Kesuksesan dalam kerja pemasaran jasa personality branding dari pelaku pemasaran jasa perlu dimiliki terlebih dahulu,sebab akan berkaitan dengan kepercayaan bagi pihak yang menerima tawaran produk tersebut.
Keberadaan timses dengan berbagai organisasi yang dibentuk untuk meraih kesuksesan produk yang ditawarkan atau diinformasikan pelaksanaan manajemen pemasaran dan strategi pemasaran suatu kegiatan yang perlu dilakukan terlebih dahulu, semoga kesuksesan dapat diraih sebagaimana harapan sebelumnya.